Big data merupakan sekumpulan data dalam jumlah yang sangat besar kemudian diolah dengan sistem yang canggih sehingga menjadikan pengaturan menjadi lebih sistematis dan ringan. Di Indonesia sendiri big data telah mengalami banyak sekali perkembangan. Manfaat big data bukan hanya sebatas menyimpan data dan sebagainya. Namun, juga menjadi pengatur dan pengelola data.
Selain itu, data yang jumlahnya sangat besar bisa di ringkas tanpa mengurangi data tersebut. Berikut ini merupakan pemaparan terkait dengan manfaat yang dimiliki oleh big data serta bagaimana big data tersebut saat digunakan dalam ranah bisnis.
Manfaat Big Data dalam Bisnis
Dalam perkembangan dunia, teknologi menjadi aspek penting bahkan tolok ukur suatu negara. Hal ini ditandai dengan banyaknya para ahli teknologi yang berlomba untuk memunculkan suatu sistem. Sistem tersebut memiliki tujuan yang paling utama yaitu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sistem teknologi memiliki perkembangan semakin pesat. Bahkan di setiap aspek kehidupan, sistem tersebut mutlak untuk digunakan.
Melihat perkembangan tersebut, kemudian apa yang menjadi manfaat big data? Big data memiliki manfaat yang bisa digunakan di berbagai aspek kehidupan dan meliputi berbagai ranah tertentu. Berikut ini merupakan manfaat adanya big data,
1. Membantu suatu perusahaan berhubungan dengan pelanggan
Setiap perusahaan pasti menginginkan suatu pembangunan yang penting dalam segala produk yang dikeluarkan. Salah satu kendalanya biasanya terletak pada konsumen atau pelanggan produk tersebut.
Penggunaan big data memiliki manfaat yang besar dalam hal ini. Seperti, mengerti bagaimana respon pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan. Mampu mengetahui minat pelanggan terhadap produk. Dengan hal tersebut, perusahaan akan selalu melakukan berbagai perkembangan yang sesuai dengan kebutuhan kosumen.
2. Memberikan strategi efektif dalam hal pemasaran
Setiap perusahaan pasti ingin produknya selalu dibutuhkan banyak konsumen. Oleh karena itu, setiap strategi marketing selalu diterapkan agar bisnis menjadi lancer. Penggunaan big data dalam strategi pemasaran, nyatanya mampu memberikan hasil yang akurat.
Perusahaan dapat mengerti, bagaimana para konsumen membeli produk mereka, kemudian apa yang menjadi alasan utama mereka. Data tersebut mampu memberikan bantuan pada perusahaan untuk menerapkan strategi yang baik.
3. Pengoptimalan media sosial
Setiap perusahaan akan selalu melakukan inovasi untuk produk yang dikeluarkannya. Cara melakukan inovasi adalah dengan mengetahui tingkat kebutuhan dan penilaian dari masyarakat. Salah satu manfaat dari big data, mampu mengetahui berbagai penilaian pelanggan terhadap produknya.
Hal tersebut dengan cara mengoptimalkan fitur media sosial. Jadi, apabial terdapat pelanggan yang menyebuutkan atau menuliskan nama produk, maka perusahaan akan dengan mudah melakukan identifikasi.
4. Mampu menarik perhatian dari pelanggan
Dalam suatu bisnis, pelanggan memang subyek utama yang ingin dituju. Setiap perusahaan pasti berusaha untuk mengetahui tingkat kepuasan yang dimiliki oleh pelanggan mereka. Tingkat kepuasan tersebut tentu saja dapat diperoleh dengan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan menggunakan big data perusahaan bisa melakukan analisis untuk setiap pelanggan nya melalui data yang diterima.
Penggunaan big data juga sangat berpengaruh terhadap cara marketing. Marketing bisa dilakukan secara digital. Hal tersebut tentunya akan membuat waktu menjadi lebih efektif dan bisa menghemat anggaran. Dengan big data, Anda mampu melihat kondisi pasar dalam waktu singkat, kemudian bisa mengetahui bagaimana kondisi pelanggan Anda. Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah dampak yang ditimpulkan tidak besar.
6. Dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan bisnis
Big data mampu memberikan informasi secara detail dan akurat mengenai aktivitas dari pelanggan. Mulai dari complain yang di tujukan, masukan hingga produk yang sangat diminati. Tentunya beragam informasi tersebut dapat membuat pihak perusahaan untuk melakukan inovasi baru. Bukan hanya mengira-ngira keputusan di masa mendatang, namun bisa menentukan secara pasti dan mampu melihat apa dampak yang timbul dari keputusannya.
7. Mampu menentukan strategi bisnis yang tepat
Dalam berbisnis tentunya keuntungan menjadi tujuan utama. Oleh karena itu, setiap pebisnis harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari big data yang memiliki banyak sekali keunggulan. Penggunaan big data dalam dunia bisnis, mampu memberikan arah dan strategi baru dalam berbisnis. Hal tersebut diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan oleh big data. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari berbagai hal yang bisa menyebabkan rugi.
Manfaat big data memang sangat banyak. Oleh karena itu, akan sangat ganjil rasanya jika di era yang serba modern ini, masih banyak yang asing dengan big data. Terlebih lagi dalam dunia bisnis memiliki proses persaingan yang sangat tinggi dan tajam. Hal ini memerlukan strategi baru yang lebih inovatif. Tentunya penggunaan big data mampu memberikan keuntungan dalam bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar